1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Bagaimana Ciri-Ciri Investasi Bodong? Perhatikan Ini, Agar Tidak Jadi Korban

Discussion in 'Izin Usaha' started by nely merina, Aug 16, 2017.

  1. nely merina

    nely merina Pengusaha Enthusiast Staff Member

    Tidak ada izin resmi atau surat-surat izin

    Sebelum Anda menginvestasikan modal Anda pada sebuah usaha ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah investasi tersebut memiliki surat izin yang resmi atau tidak. Misalnya perusahaan tersebut bergerak dalam bidang investasi, keuangan atau penghimpunan dana masyarakat maka harus memiliki izin dari lembaga yang terkait misalnya otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Badan Pengawas Perdagangan.

    Untuk memperoleh perizinan tersebut tidaklah gampang. Tidak sembarangan perusahaan bisa menjadi PT. Namun sekarang karena banyaknya penipuan mereka dengan mudahnya menggunakan PT untuk memuluskan rencana penipuan mereka. Bagi Anda yang ingin berinvestasi Anda memiliki hak untuk meminta data-data perizinan tersebut. Tanyakanlah kepada pemilik perusahaan siapakah yang memberikan izin usaha ini? Dan di bawah pengawasan lembaga apa usaha ini?

    Tawaran menggiurkan untungnya sangat tinggi dengan waktu yang cepat

    Hampir semua investasi ilegal pasti mengiming-imingkan keuntungan yang tinggi bagi para investor. Bahkan dengan angka yang sangat tinggi dengan waktu yang cepat. Keuntungan bisa lebih dari 25% dari dana yang disetor. Produk investasi yang wajar bahkan tidak memberikan janji keuntungan yang pasti di masa depan. Maksudnya selain menggambarkan keuntungan namun juga kerugian yang kemungkinan akan dihadapi.

    Menawarkan Bisnis dengan Skema Money Game atau Skema Ponzi

    Jika Anda ditawarkan suatu bisnis yang mewajibkan Anda untuk merekrut anggota baru dengan diimingi bonus yang khusus maka Anda patut curiga. Bisnis ini biasanya justru fokus kepada rekrutmen anggota buka pada penjualan produknya. Meskipun ada produk yang dijual namun kualitasnya tak sebanding dengan modal yang harus dikeluarkan oleh anggota.

    Money game biasanya dikenal sebagai bisnis penggandaan uang dengan cara menyetorkan uang untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Biaya keanggotaannya biasanya tinggi, menjanjikan keuntungan yang tidak wajar tanpa perlu bekerja keras, legalitas lembaga atau skema tidak jelas. Pengelolaan dana investasi tidak transparan. Legalitas lembaga/skema tidak kelas. Pengelolaan dana investasi tidak transparan.

    Bisnis ini menggunakan skema jika tidak merekrut anggota baru maka akan mengalami keuntungan. Produknya underlying sebagai kamuflase saja dan menjanjikan keuntungan yang tidak wajar. Skema ini sering disebut dengan skema piramida.

    Sementara ada juga yang disebut dengan skema Ponzi, skema ini tidak memiliki Underlying produk yang ditransaksikan dan menjanjikan keuntungan yang tidak wajar. Diminta terus menerus untuk menambah nilai investasi. Keberlangsungan sistem ditentukan oleh hasil perekrutan anggota baru. Jika tidak ada lagi anggota baru maka investor tidak akan mendapatkan investasi karena prinsipnya gali lubang tutup lubang.

    Jika Anda anggota baru biasanya di awal memang akan mendapatkan keuntungan namun belakangan hanya akan menerima pahitnya saja. Karena sistem jaringan hanya untuk menggenjot user untuk mencari user lain dengan janji keuntungan yang berlipat.

    Menggandeng Orang yang Terkenal Untuk Mengelabui Penipuan

    Biasanya investasi bodong juga akan mencatut nama-nama orang terkenal tanpa sepengetahuan mereka. Bisa juga mereka memang sengaja memperdaya orang terkenal untuk terlibat dengan investasi bodong tersebut.

    Jika masyarakat tidak teliti maka orang awam akan tergiur dengan investasi tersebut. Mereka seolah-olah percaya akan kehadiran orang terkenal tersebut. Padahal nantinya orang terkenal tersebut juga akan merasa tertipu.

    Sangat Jarang Menyebutkan Risiko dalam Berinvestasi

    Biasanya investasi bodong sangat jarang menyebut risiko dalam berinvestasi. Mereka biasanya tidak akan membeberkan risikonya takut investor tak mau berinvestasi. Jika Anda cermat biasanya investasi yang legal pasti akan menjelaskan risikonya. Sehingga si investor akan mengukur dan menimbang,

    Pengelolaan dana Investasi Tidak Jelas

    Investasi bodong biasanya pengelolaan dana yang disetirkan oleh peserta tidak jelas dan transparan. Karena peserta diajak untuk menyetor dana tapi bagaimana cara pengelolaan dan bagaimana cara memutar uangnya tidak dijelaskan secara terus terang. Jika mereka memang perusahaan yang legal maka mereka akan secara transparan akan membeberkan cara mengelola dana yang diinvestasikan.

    Investasi Palsu Emas

    Penipuan investasi yang satu ini akan meminta investornya untuk memberikan sejumlah uang yang kemudian akan diberikan emas batangan. Biasanya harga untuk membeli emas ini akan lebih tinggi dari pada harga pasaran.

    Investasi Return di Atas Batas Kewajaran

    Jika ada tawaran investasi dengan return di atas batas kewajaran misalnya 4 persen per bulan atau setahun 48% maka harus diwaspadai karena suku bunga deposito, obligasi dan lainnya tidak mungkin setinggi itu untuk memberikan keuntungan. Bahkan Perencana Keuangan dari Selama Mitra Investasi mengatakan bahwa bila returnya di atas 20 persen per tahun sudah pasti investasi bodong.

    Presentasi Investasi bodong singkat tanpa booklet dan penjelasan yang panjang lebar. Tulisan saat penawaran produknya kecil-kecil sehingga tidak mudah terbaca.
     
  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Pengusaha Sukses

    Sekarang makin banyak sekali investasi bodong, kita perlu waspada yaaa
     

Share This Page