1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Cara Dapatkan Modal Selain dari Bank

Discussion in 'Modal Usaha' started by mulyadi, Aug 16, 2017.

  1. mulyadi

    mulyadi Calon Pengusaha

    Meskipun kini pemerintah sudah mulai memberikan beberapa program seperti kredit usaha rakyat guna memberikan solusi untuk pengusaha khususnya pengusaha kecil menengah atau UKM nampaknya masih kurang efesien terbukti masih banyak masyarakat yang masih kurang yakin dengan cara tersebut. Kembali lagi ini diakibatkan karena pola pikir masyarakat yang masih belum bisa diubah.

    Tetapi tidak hanya itu lamanya proses pencairan dan ketatnya penyeleksian penerima modal juga masih perlu diperbaiki. Memang ini bertujuan agar pendanaan tepat sasaran tapi ada baiknya berikan kelonggaran agar calon pengusaha bisa lebih tertarik untuk menggunakannya.

    Anggap lah saja pinjaman dari lembaga keungan dan bank bukan solusi yang tepat untuk mendapatkan modal, nah sekarang kami akan memberikan tips yang berguna bagi Anda yang memiliki semangat untuk mulai berwirausaha namun masih membingungkan modal.

    Berikut kami rangkum ke dalam 5 tips mendapatkan modal usaha selain pinjaman atau kredit.

    Modal usaha tabungan sendiri
    Sumber modal usaha dengan cara ini tidak cenderung gampang, apa lagi jika Anda bukan termasuk orang yang bisa menyisihkan uang. Tapi, bila Anda ingin mencobanya bisa saja, caranya adalah dengan membuat keuangan pribadi dan mulailah dengan membuat rekening tabungan sendiri. Tidak hanya itu perencanaan keuangan juga diperlukan. Apa maksud rencana keuangan? Buat biaya pengeluaran untuk kebutuhan Anda perbulannya dengan begitu Anda bisa mulai mengurangi kebutuhan apa yang tidak terlalu penting atau bisa Anda tekan untuk disisihkan ke tabungan. Cara lainnya adalah memotong 30% dari penghasilan dan langsung ditabung.

    Modal usaha dari dana hibah perusahaan
    Modal juga bisa didapatkan dari dana hibah perusahaan, baik pemerintah ataupun swasta. Untuk mendukung rencana pemerintah yang ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak perusahaan yang mulai menyediakan dana anggaran tersendiri untuk menyuksesakan misi tersebut. Bisanya dana bantuan modal usaha ini disalurkan melalui ajang kompetisi usaha.

    Usaha dengan metode bagi hasil
    Pada dasarnya karena bukan termasuk usaha kepemilikan, usaha yang menggunakan sistem ini sifatnya memang sementara. Dalam artian setelah jangka waktu kontrak habis modal bisa dikembalikan kepada pemberi modal sebelumnya. Sistem bagi hasil bisa dilakukan setiap bulan atau ditetapkan pada kurun waktu tertentu.

    Menjalin kerjasama dengan rekan atau keluarga
    Dengan meminjam modal ke rekan mungkin tidak akan berhasil, nah, kalau begitu ajaklah rekan atau keluarga untuk menjalin kerjasama usaha. Rekan bisnis tersebut bisa berbentuk modal atau bisa juga dengan membatu biaya oprasional usaha Anda sehari-harinya. Bicara kerjasama pasti perlu pembagian hasil, nah untuk itu rencanakan pembagian hasil yang adil sehingga rekan Anda akan tertarik.

    Modal ventura
    Cara mendapatkan modal usaha yang satu ini mungkin akan lebih susah. Modal ventura merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyetaraan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha untuk jangka waktu tertentu. Bisanya bentuk pemodalnya tidak hanya dalam bentuk dukungan dana namun bantuan dalam pengelolaan manajemen dan bimbingan untuk menjalankan usaha.

    Bisnis modal patungan
    Usaha kemitraan dengan sistem modal patungan atau kongsi merupakan cara alternatif untuk mendapatkan modal. Membangun usaha dengan modal patungan sangat dimungkinkan agar modal usaha yang Anda kumpulakan tidak terlalu besar. Selain itu dengan menggunakan sistem bisnis seperti ini pengusaha juga berhak mendapatkan keuntungan sesuai dengan berapa modal awal yang mereka tanamkan sebelum memulai usaha. Contohnya bila modal awal pengusaha X 60% dan pengusaha Y 40% maka keuntungan yang akan didapatkan sesuai dengan modal sebelumnya yaitu pengusaha X berhak 60% dari keuntungan dan pengusaha Y 40% dari keuntungan.

    Nah dari 6 cara di atas sudah ada bayangan untuk mencoba mencari dana dengan cara apa? Segera eksekusi dan jalankan bisnis dengan profesional. Ingat modal usaha bukan halangan untuk memulai bisnis. Bulatkan tekad anda, jika sudah terapkanlah salah satu cara di atas. Anda bisa memulai usaha tanpa harus memusingkan cicilan dan bunga pinjaman setiap bulannya. Selamat mencoba dan semoga sukses..

    Sumber: link
     
  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Pengusaha Sukses

    Nah betul sekali, jangan hanya andalkan bank saja ya
     
  3. jannah

    jannah Pengusaha

    bener jangan andalkan bank saja, bunganya tinggi dosanya gede
     
  4. Dapur Purigardenia

    Dapur Purigardenia Calon Pengusaha

    bener gan, mantap pencerahannya
     
  5. Benar nih kalo dari Bank seringkali mencekik walaupun awalnya Mereka katakan niatnya untuk membantu Masyarakat tapi prosesnya sama sekali tidak bisa dibilang seperti benar-benar ingin membantu:D:D:D
     
  6. Ariansyah Riwendi

    Ariansyah Riwendi Pengusaha

    mendingan dengan sahabat atau keluarga aja deh...
     
  7. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Pengusaha Sukses

    Saran mungkin, menurut saya tidak semua bank memakai sistem bunga. Mungkin bisa juga meminjam dengan bank-bank syariah dengan sistem pembagian yang jelas.
     
  8. adakah bank syariah yang tidak menggunakan bunga? bagaimana akadya?
     
  9. andy

    andy Calon Pengusaha

    Gmana cara dapatkan modal tambahan usaha...tiap pengajuan walaupun ada ijin ukm..ttp di tolak..Gmana cara dapatkan modal tambahan usaha...tiap pengajuan walaupun ada ijin ukm..ttp di tolak..
     

Share This Page