1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Potensi Bisnis Usaha Cuci Mobil Dan Alat Yang Dibutuhkan

Discussion in 'Personal & Bisnis' started by galihprap30, Jun 28, 2018.

  1. galihprap30

    galihprap30 Pengusaha

    Produksi kendaraan dan makin banyaknya orang sibuk dengan aktifitasnya, membuat para pelaku bisnis berminat untuk membuka usaha cucian mobil. Karena kebanyakan pemilik kendaraan di Indonesia jarang sekali yang mengerti cara mencuci kendaraan mobil mereka dengan baik dan benar sehingga hasil cucian lebih maksimal, maka dari itu mereka lebih memilih mencuci di tempat jasa cucian kendaraan yang professional.

    Jenis Peralatan Cuci Mobil, Harga, Dan Tips Dalam Memilih

    Jenis peralatan cuci mobil yang perlu disiapkan untuk bisnis sebenarnya tidak terlalu ribet, asala tau tipsnya maka bias disiapkan dengan optimal. Berikut kami paparkan jenis peralatan nya yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis cucian mobil.

    1. Hidrolik Cuci Mobil

    [​IMG]


    Hidrolik Cuci Mobil banyak digunaka oleh mereka yang ingin terlihat professional dan modern. Kebanyakan dari mereka para pelaku bisnis menggunakan alat ini untuk menarik pelanggan lebih banyak karena selain simple dan mudah, alat ini juga dalam pengoperasiannya mampu membersihkan kendaraan hingga ke kolong-kolong mobil sehingga hasil nya memuaskan. Dengan alat tersebut proses pengerjaan bias lebih efisien, dan banyak para penjual alat ini yang memasarkan produk mereka dimulai dari kisaran harga 15 juta sampai 30 jutaan. Apakah menurut anda terjangkau ? Semua tergantung anda, alat ini memiliki fungsi yang baik untuk usaha anda. Walaupun harganya bias dikatakan cukup mahal, ada baiknya anda juga harus bijak dalam membeli, supaya uang yang anda investasikan lebih bermanfaat. Selain itu pastikan sebelum anda membeli tanyakan terlebih dahulu garansi produk tersebut dan kelengkapan suku cadangnya. Perlu tanyakan juga biaya kirimnya, berikut biaya pemasangan hidrolik dan kelengkapannya serta pelatihan untuk operator anda.

    2. Tabung Cuci Salju (Tabung Snow Wash)

    [​IMG]

    Alat berikutnya yaitu tabung salju atau snow wash. Berfungsi untuk membuat busa cucian seperti salju. Tabung salju ada 2 jenis aksesoris ball valve yang dipakai yaitu ball valve type PVC dan ball valve type Kuningan. Dari type sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu mencolok cuman pada aksesoris ball vallvenya, hasil cucian tentunya sama bagusnya.



    Tabung salju dalam pengoperasiannya membutuhkan kompresor supaya busa yang dihasilkan bisa berbentuk seperti salju, ada juga tabung salju yang tidak membutuhkan kompresor yaitu tabung elektrik sehingga lebih efisien dan busa salju yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk menghindari hal yang buruk terjadi alangkah baiknya memilih tabung salju dengan menggunakan stainless steel dengan ketebalan material 1.5 mm. Akibat yang fatal pada tabung salju dengan kualitas rendah adalah meledaknya tabung yang bisa menimbulkan dampak disekitar lingkungan usaha cucian. Harga dipasaran biasanya dibandrol antara 750 ribu sampai 2 juta.[​IMG]

    3. Kompresor Udara / Kompresor Angin

    [​IMG]
    Mempunyai fungsi yang banyak antara lain untuk hidrolik cucian mobil karena dalam pengoperasiannya membutuhkan dorongan angina untuk menaikkan dan menurunkan kendaraan serta untuk membuat busa salju pada tabung salju. Dan masih banyak lagi fungsinya, seperti untuk usaha tambal ban contohnya. Banyak kompresor yang dijual dengan harga yang murah tapi ingat kompresor murah belom tentu kualitas nya bagus. Maka anda harus cermat sebelum membeli kompresor. Untuk harga dari kompresor sendiri biasanya 4juta sampai 9 juta.



    4. Mesin Steam Cuci

    [​IMG]
    Berikutnya alat yang dibutuhkan untuk usaha cuci mobil adalah mesin steam karena alat ini memiliki fungsi untuk menyemprot bagian badan mobil hingga kesela-sela mobil, dan bisa diatur tekanannya sehingga kotoran yang melekat pada kendaraan bisa dibersihkan. Tapi perlu anda ingat dalam mengatur tekanan itu harus hati-hati jangan asal mengatur tekanan air untuk menyemrot karena bisa mengakibatkan tergoresnya cat mobil. Harga yang dijual biasanya antara 1 juta sampai 11 juta tergantung type, merek dan kualitas.



    5. Vacuum Cleaner

    Yaitu alat untuk membersihkan bagian interior mobil, seperti debu yang melekat pada jok mobil dan bagian karpet mobil yang susah dibersihkan. Alat ini mampu membersihkan debu yang dihisap dengan menggunakan listrik, ada baiknya anda harus memilih vacuum cleaner yang hemat listrik dan memiliki kualitas menghisap debu yang maksimal. Untuk harga alat ini biasanya dibandrol 1 jutaan.

    6. Selang

    Memiliki fungsi yang beragam, antara lain untuk sambungan mesin steam cuci dan tabung salju, usahakan memilih selang yang berkualitas supaya tidak mudah rusak ketika selang digulung ataupun terinjak kaki dan kendaraan secara tidak sengaja. Harga selang yang dijual kisaran 8ribu – 10 ribu.

    7. Kain Lap mobil

    Memiliki fungsi untuk membersihkan air pada mobil harga yang dijual biasanya 30 ribu. Tapi anda perlu cermat dalam memilih kain lap mobil supaya dalam proses pengerjaan tidak menimbulkan goresan pada cat mobil. Pilih kualitas yang terjamin jangn cuman terpakku dengan harga murahnya saja.

    8. Shampo Cuci Salju

    Berfungsi untuk membersihkan kotoran pada badan mobil, dengan formula yang sudah ditentukan oleh produsen shampoo cuci salju sehingga bisa membersihkan kotoran dengan baik. Adapun dalam memilih shampoo cuci salju yaitu tidak mengandung deterjen hingga Ph7 dan tidak menimbulkan goresan pada mobil. Karena shampoo salju yang mengadung bahan kimia yang berbahaya bisa merusak kendaraan mobil. Maka dari itu pilih shampoo yang sudah jelas dan terbukti kuallitasnya. Untuk harga bisa dibeli dengan 150 ribu.

    9. Semir ban / Tyre Polish

    Media untuk membersihkan atau mengkilapkan pada bagian mobil terutama pada bagian ban mobil. Untuk kebutuhan biasanya banyak konsumen yang tidak terlalu mementingkan ini, tapi untuk jaga-jaga alangkah baiknya disiapkan barangkali permintaan konsumen untuk mengkilapkan bagian ban mobil semakin antusias. Semir ban yang digunakan sebaiknya tanpa mengandung silicon karena bisa menjaga keelastisitasan karet ban mobil, walaupun kilapnya agak kurang tapir amah lingkungan.

    Potensi Usaha Bisnis Cucian Mobil

    Dalam usaha cuci mobil tentunya harus mengeluarkan banyak modal, karena tidak seperti membuka usaha cucian motor, tapi perlu anda perhatikan, namanya usaha gak harus berpaku pada modal yang dikeluarkan tapi juga strategi marketing dan kualitas hasil cucian. Percuma anda mengeluarkan modal sekian banyak tapi strategi marketing dan hasil cucian nya tidak maksimal, modal anda bisa menjadi sia-sia. Semakin hari pertumbuhan kendaraan semakin meningkat pesat, ini tentunya bisa menjadi kesempatan untuk membuka peluang usaha cucian mobil. Apalagi ketika musim hujan sudah mulai tiba, kendaraan mudah kotor, pemilik kendaraan sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci akhirnya pakailah jasa cucian mobil. Sebenarnya potensi bisnis usaha Bisnis jasa cuci mobil tidak berpacu pada musim hujan saja. Ketika musim kemaraupun sangat berpotensi karena kebutuhan cucian mobil sangat diminati oleh masyarakat dan ini sebuah peluang bisnis yang sangat mudah Anda jalani karena tidak perlu skill khusus untuk pengerjaanya. Terpenting kita tau penggunaan dasar alat-alat cucian mobil.

    Peluang usaha cuci mobil tentunya memiliki potensi yang bagus apalagi buka usaha di kota-kota besar seperti Jakarta. Tapi bagi anda yang ingin membuka usaha cucian mobil di desa itu juga gak masalah, asal tau tingkat minat konsumen, dan prospeknya tempatnya bagus, itu bisa menjadi lading bisnis usaha cucian mobil. Dan pastikan Lokasi dan pasokan air nya juga harus diperhatikan karena ini adalah kunci keberhasilan dalam berbisnis cucian mobil.

    Pelayanan yang ramah serta harga yang kompetitif merupakan hal yang krusial dalam berbisnis apalagi ketika anda membuat promo dalam usaha cucian mobil anda dengan berbagai strategi itu bisa membuat menarik konsumen lebih banyak. Bahkan itu bisa menjadi sebuah keharusan, karena sebagian di kota besar menerapkan strategi marketing seperti ini. Namun banyak juga kendala yang harus dihadapi dalam usaha cucian mobil diantaranya penetapan dan pemilihan lokasi serta pasokan air.

    Sumber Artikel : http://ikame.net/2018/potensi-bisnis...-dibutuhkan-2/
     

Share This Page