1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Tips Produk UKM Diterima Retail Besar

Discussion in 'Sales & Marketing' started by anjani, Aug 8, 2017.

  1. anjani

    anjani Pengusaha

    Semakin meningkatnya jumlah UKM di Indonesia pun membuat pemerintah ikut andil berperan untuk mengembangkannya. Sehingga selain memberikan kesempatan pada UKM untuk bisa mengikuti pameran, pemerintah juga bekerja sama dengan pasar retail modern di Indonesia seperti misalnya Carrefour, Ranch Market, 7 Eleven dan lainnya. Inilah dia membagi beberapa tips bagaimana caranya agar produk UKM menembus distribusi ke pasar retail modern tersebut.

    Berikan penawaran margin yang menarik
    Dalam menentukan margin sebaiknya perhitungkan dahulu harga eceran produk yang kita buat. pastikan marginnya memenuhi minimum yang dipersyaratkan untuk bisa masuk retail tertentu. Jadi sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai retail yang ingin tuju. Seperti biaya-biaya yang harus ditanggung oleh mereka untuk penyimpanan barang hingga promosi untuk mendatangkan pembeli dan lainnya.

    Presentasikan produk Anda kedepan klien
    Langkah ini lah yang paling efektif untuk mendapatkan deal dari mitra retail. Dengan melakukan pengenalan produk secara langsung, mereka bisa langsung menilai apakah produk Anda berpotensial atau tidak untuk bisa ditampilkan di rak-rak supermarket mereka. Bila produk yang Anda produksi tidak bisa ditampilkan Anda bisa menunjukan foto produk dan menjelaskan detail produknya.

    Pastikan produk UKM bersertifikasi
    Poin berikut ini berlaku untuk sebagian produk saja misalnya seperti makanan, minuman, obat atau kosmetik. Tentu para retailer tidak ingin mengembil resiko dengan memberikan kesempatan produk UKM yang tidak jelas keamanan produknya. Untuk itu mengapa setiap produk yang ingin didistribusikan di retail-retail besar sudah memiliki sertifikasi yang mendakan produk tersebut legal untuk dipasarkan.

    Sertakan marketing kit
    Apa itu marketing kit? Digunakan untuk mitra kerja yang ingin mengetahui tentang informasi produk Anda dan perusahaan. Jadi Anda menyertakan informasi mengenai produk, profil perusahaan, informasi kontak, penawaran harga, hingga draft perjanjian kerjasama dan form pemesanan. Jangan hanya tinggalkan brosur dan informasi produk saja.

    Jelaskan mengapa produk Anda pantas didisitribusikan oleh retailer
    Ini adalah tahap untuk meyakinkan retailer bahwa produk Anda akan laku di saat dipasarkan. Jadi Anda perlu memberikan penjelaskan entang bagaimana penjualan Anda sebelumnya. Selain itu kita juga wajib menunjukan komitment untuk melakukan promosi yang dapat mendorong penjualan di retail tersebut. Dengan ini Anda bisa membuktikan pada retailer bahwa Anda serius ingin memasarkan produk, dan memperkecil kemungkinan mereka akan menimbun produk-produk yang kurang laku.

    Perbaiki kemasan dan produk
    Dan yang tak kalah penting adalah kemasan serta produk Anda, banyak yang beranggapan ah kalau produknya memang berkualitas kemasan tidak terlalu penting. Atau sebaliknya kemasan lebih penting ketimbang produknya. Kedua hal tersebut salah besar! Kemasan seperti first impression untuk menentukan kosumen ingin mencoba produk Anda atau tidak, namun kualitas produk adalah penentu kosnumen akan setia pada produk Anda atau tidak. Nah, kalau Anda sepelekan keduanya sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan konsumen. Inilah yang juga diperhatikan oleh retailer.

    Sumber: link
     
  2. Dewisentani

    Dewisentani Pengusaha

    Nice info.. saya mau coba pasok produk kue kering sy ke alfamart. Gimana caranya ya ?
     
  3. Kardi

    Kardi Calon Pengusaha

  4. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Pengusaha

    Sangat setuju nih, kalau dilakukan semua pasti pesat berkembang usaha kita
     

Share This Page