1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Mau Jualanmu Makin Laku Lewat Instagram? Ini Cara Jitunya

Discussion in 'Promosi Produk' started by Balesin.id, Jan 24, 2019.

  1. Balesin.id

    Balesin.id Calon Pengusaha

    [​IMG]
    BALESIN –
    Mau jualanmu makin laku lewat Instagram? Saat ini, Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bukan cuma jadi platform untuk berbagi foto dan aktivitas antar teman, sekarang Instagram juga menjadi salah satu wadah berbisnis online yang menguntungkan. Tau nggak, dari 800 juta pengguna aktifnya, 62% “netizen IG” juga mem-follow akun brand-brand atau online shop loh.

    Nggak heran kalau Instagram menjadi tools favorit buat para seller, dan juga jadi favorit para customer agar selalu up to date dengan berbagai promosi dan jadi lebih cepat melihat produk-produk terbaru dari online shop yang mereka follow. Apa kamu termasuk salah satu seller yang punya akun IG? BALESIN akan kasih beberapa tips buat manfaatin fitur-fitur dari IG, seperti:

    1. Business Account
    [​IMG]
    Buat yang belum tau, Instagram punya opsi untuk mengubah akun kamu menjadi Business Account. Gunanya apa? Dengan akun bisnis, kamu bisa memasukkan link di “bio” yang bisa men-direct ke website atau chatting messenger. Ini akan memudahkan pelanggan buat berbelanja di web atau langsung memesan barang lewat LINE, Whatsapp, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasukkan peta dan nomor telepon dengan fitur Business Account.

    2. Feeds yang Estetik
    [​IMG]
    “Instagram is all about visual”. Untuk bikin jualan kamu makin laku di Instagram, kamu bisa manfaatin feeds sebaik mungkin. Desain feeds kamu dengan menarik dengan foto-foto produk yang jelas, berkarakter, dan estetik. Visual yang baik akan bikin pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu.

    3. Instagram Stories
    [​IMG]

    Semua pengguna Instagram pasti tau fitur yang satu ini. Selain scroll-scroll feeds, kamu pasti juga sering membuka IG stories kan? Nah kamu bisa menggunakan IG stories untuk “engage” dengan followers kamu, seperti ngasih tau postingan terbaru, bikin polling, membuka sesi Q&A, dan buat kamu yang udah punya followers lebih dari 10.000, kamu juga bisa manfaatin fitur “swipe up” yang bisa langsung men-direct followers menuju link berjualanmu.

    4. Instagram Ads
    [​IMG]

    Punya budget untuk marketing? Kenalan yuk sama Instagram ads! Lewat Facebook, kamu bisa memasang iklan di Instagram yang bisa dioptimasi sesuai dengan budget, waktu, dan target market. Instagram ads memungkinkan kamu untuk menjangkau calon pelanggan lebih luas lagi, dan menambah followers-followers baru untuk akunmu.

    5. The Power of Hashtag
    [​IMG]
    Tau kenapa banyak online shop dan akun-akun Instagram lainnya menyertakan banyak hashtag di postingan mereka? Karena ternyata, walaupun udah banyak pengembangan fitur yang disediain Instagram, hashtag masih jadi salah satu senjata terbaik buat “discoverability”. Banyak orang mencari sesuatu lewat hashtag, misalnya #HijabMurah atau #SneakersOriginalJakarta, dan lain sebagainya. Jadi, kamu juga bisa menyertakan hashtag pada postingan produkmu. Tapi ingat, sertakan hashtag yang sesuai dengan produk aja ya, agar orang yang datang adalah benar target customer kamu.


    6. Influencer
    [​IMG]
    Sekarang ini kita akrab dengan sebutan “influencer” atau “selebgram”. Yup, mereka adalah orang-orang berfollowers banyak yang punya audience setia, yang bisa dijadikan salah satu marketing tools. Dikenal dengan “paid promote”, kamu bisa menggunakan influencer untuk memasarkan produkmu. Tentu aja pilih influencer yang memang sesuai dengan karakter brandmu ya.

    7. Ukur Kesuksesanmu
    [​IMG]
    Kalau semua cara di atas udah kamu lakukan dan berhasil, jangan lupa terus mengukur pertumbuhan akun Instagrammu untuk tau seberapa besar peningkatan impression, engagement, hingga sales. Instagram sendiri menyediakan analytics dan marketing tools yang bisa menampilkan berapa besar jumlah parameter-parameter seperti impression dan lain-lain. Jika kamu ingin mengetahui hasil yang lebih indepth, kamu juga bisa ngegunain tools pihak ketiga.

    Nah banyak banget kan cara-cara dan strategi yang bisa kamu gunain untuk bikin jualanmu makin laku lewat Instagram? Jangan lupa diaplikasiin, dan jangan lupa juga pakai BALESIN untuk bikin jualan makin canggih dan praktis. Kenalan lebih lanjut dengan balesin di www.balesin.id


     

Share This Page