1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Nurhayati Subakat, Merubah Wardah Dari Usaha Rumahan Menjadi Perusahaan Kelas Dunia

Discussion in 'Personal & Bisnis' started by mozaix, Mar 6, 2018.

  1. mozaix

    mozaix Pengusaha

    Copas cerita dari MOTIVORIA

    [​IMG]
    Wardah didirikan tahun 1985 oleh Ibu Nurhayati Subakat. Saat itu masih bernama Pusaka Tradisi Ibu. Dimulai sendiri sebagai usaha rumahan yg benar benar dirumah. Jadi benar bahwa wardah dimulai dengan predikat UKM.
    Ini dibuktikan semdiri oleh salah satu karyawannnya yg sudah ikut sejak 1988.

    Perjalanan lika liku dan naik turun usaha pasti dialaminya. Seperti pada saat tahun 1990 dimana pabriknya kebakaran. Saat itu berhenti bukanlah hal sulit katena suami ibu Nur masih bekerja. Namun ibu Nur memikirkan bagaimana nasib karyawannya bila pabriknya tutup. Sehingga BANGKIT adalah satu satunya pilihan yang harus diambil

    Ibu Nur memulai dengan brand Putri. Namun pada tahun 1995 kedatangan tamu pesantren yg akhirnya menjadi ide untuk kiblat wardah jadi kosmetik islami, dan menjadi kosmetik pertama dengan label halal

    Awal launching wardah pun ternyata tidaklah mulus. Berbekal kosmetik islami maka dijual via pesantren. Sehingga putar balik strategi dan Mulai iklan di harian terbit, koran yg ga terlalu terlenal pada saat itu.

    Namun dari iklan tersebutlah, muncul 2 distributor yang mau menjual produk wardah. "Ini pertolongan Allah" kata Bu Nur.

    Bayangkan sebuah usaha yang dimulai dr 2 karyawan saat ini sdh sampai 7000 karyawan.
    Wardah bertransformasi dari UKM menjadi perusahaan nasional, bahkan sekatang sudah mulai menantang brand internasional

    Berikut data datanya
    - Top brand produk kosmetik lokal No 1 menurut survey nielsen
    - brand No 3 internasional setelah unilever dan loreal
    - Serta tumbuh konsisten rata rata 50% setiap tahunnya dan bahkan 2011 sempt mencatat pertumbuhan hingga 80%

    Bu Nur mempunyai prinsip 5 P. Yang menurut para ahli marketing dunia 4 P pertama adalah Product, Price, Promotion dan Place. Bu Nur punya P ke lima, yaitu Pertolongan Allah. Hal ini sangat terlihat dari Company Value yang diciptakannya, dimana no 1 dari company value-nya adalah Ketuhanan

    [​IMG]
    Bagaimana cara Ibu Nur mencari pertolongan Allah dalam bisnisnya?
    Solat dan puasa..... itu cara diri sendiri menurut Ibu Nur
    Ibu Nur lebih mencari pertolongan Allah dengan cara peduli dengan orang lain lebih banyak.
    Membesarkan wardah karena ingin lebih banyak menolong org lain.
    Wardah memiliki visi yang luar biasa untuk kesehjateraan karyawannya. Misalkan :
    • setiap tahun memberangkatkan umroh 500 karyawan dengan masa kerja minimal 7 tahun
    • beasiswa untnuk anak kaaryawan
    • mess untuk karyawan

    Saat ini wardah menjadi brand nomor enam sebagai fastest growing brand dan menjadi satu saatunya brand lokal

    Catatan terakhir bu Nur dalam mengembangkan wardah. Ia sangat menjaga cashflow. Ia sangat disiplin dlm hal ini. Karena ia juga sangat berhati hati ketika ekspansi. Di salah satu pabriknya yg terdiri dr 3 lantai, ia membangunnya lantai per lantai. Ia sabar dlm bertumbuh demi menjaga casflow.

    Amat penting bersabar dalam ekspansi

    Wardah punya target 10T di tahun 2020. Kalau wardah yg dulu juga dimulai dirumah, artinya kita juga pasti BISA

    Salam.....

    Silahkan di share jika dirasa memberi manfaat juga untuk orang lain

    Mampir ya ke MOTIVORIA buat dapet cerita dan inspirasi lainnya
     

Share This Page