1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Peluang Usaha Franchise dengan Modal di Bawah 10 Juta Tapi Untung Puluhan Juta

Discussion in 'Sales & Marketing' started by nely merina, Aug 31, 2017.

  1. nely merina

    nely merina Pengusaha Enthusiast Staff Member

    Franchise murah adalah peluang usaha yang sangat dicari oleh calon pengusaha. Semakin menjamurnya usaha waralaba menambah minat calon wirausaha akan sektor bisnis yang satu ini. Besarnya biaya untuk menjalankan usaha waralaba cenderung beragam, ada yang mahal dan ada yang murah. Ini tergantung potensi usaha itu sendiri dalam jangka panjang.

    Pada umumnya, biaya untuk memulai usaha waralaba dengan prospek keuntungan yang tinggi dibandrol dengan harga mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar. Sementara waralaba murah ada yang dihargai sebesar Rp 5 juta, bahkan ada yang hanya Rp 2 juta.

    Artikel Terkait : Franchise 2017

    Tentu Anda penasaran apa saja bisnis franchise modal kecil tersebut bukan? Nah, pada kali ini Go UKM akan memberikan beberapa rekomendasi usaha waralaba modal kecil namun menguntungkan.

    DOKAR (Donat Bakar)
    [​IMG]

    Franchice makanan murah memang tidak ada matinya, contohnya DOKAR. Bisnis makanan ringan dengan menu donat bakar ini menawarkan bisnis kemitraan dengan modal mulai dari Rp 7.5 juta hingga Rp 9.3 juta. Bisnis ini awalnnya dijalankan oleh si pemilik, Iwan Chrismanto sejak tahun 2008. Iwan sendiri sudah memiliki pengalaman membuat donat sejak 2003 dan mulai bereksperimen membuat donat yang belum pernah disajikan sebelumnya.

    Alhasil dari coba-coba yang dia lakukan terciptalah sajian donat bakar dengan 42 rasa. Berkat sajian yang dia cipatakan sendiri, usaha yang dirintisnya dapat dikenal di berbagai kota di Indonesia dan memiliki 66 cabang. Di antaranya ada 3 outlet yang merupakan milik sendiri dan sisanya 63 outlet adalah milik mitra usahanya.

    Soal ROI atau balik modal, Iwan menjanjikan mitranya bisa balik modal dalam kurun waktu 1 bulan. Untuk harga Donat Bakar miliknya dibandrol dengan harga Rp 1.500 sampai dengan Rp 2.000. Jika dalam waktu sehari bisa terjual 250 lebih, maka perharinya mitra bisa mengantongi keuntungan kotor Rp 375.000 hingga Rp 500.000. Sebulan saja mitra mulai usaha maka keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 11.250.000 hingga Rp 15 juta. Cukup menguntungkan bukan?

    Bowl Ice Cream
    [​IMG]

    Ice Cream Bowl adalah usaha waralaba yang bermukim di Yogyakarta, menu yang disajikan adalam es krim gelato dengan berbagai aneka rasa. Besar investasi awal yang dikenakan mulai Rp 6 Juta hingga Rp 16.5 juta. Dengan modal awal tersebut, mitra tidak hanya akan diberikan bahan-bahan es krimnya saja tapi juga 1 unit gerobak, peralatan lengkap (mixer, box es, es pack, centong es krim, tempat es krim, dll), bahan pembuat es krim (bubuk es krim) beserta conennya, topping, seragam karyawan, sarana promosi, dan quality control serta maintenance.

    Sementara perkiran balik modal, Bowl Ice Cream mengklaim mitra bisa balik modal dalam waktu 2-3 bulan dengan syarat bisa menjual lebih dari 60-85 es krim perharinya. untuk profit kotor yang dapat dikantongi pengusaha mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 6 juta selama 1 bulan.

    Mosco Blend
    [​IMG]

    Franchise murah selanjutnya adalah MOSCO, merupakan usaha kemitraan yang menawarkan produk minuman iceblend. Satu yang menarik dari usaha waralaba ini, Moscoblend telah mendapatkan penghargaan Franchise Startup Award yang mereka terima pada event IFBC Expo 201. Untuk biaya, Mosco Blend memberikan 3 paket kemitraan yang bisa dipilih, yaitu paket tanpa booth, paket booth outdoor, dan paket booth indoor. Kisaran biaya investasi awalnnya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

    Kini sekitar 300 mitra di berbagai daerah di Indonesia telah bergabung sebagai bagian dari Mosco Blend. Mitra diimingi balik modal sekitar 2-3 bulan, tergantung jenis investasi dan lokasi pemasarannya. untuk di sekitar sekolah, Mosco memperkirakan mitra bisa menjual sekitar 50 cup per hari dengan harga satuan Rp 6.500. Maka untuk satu bulan penghasilan kotor yang didapatkan Rp 9.750.000. Dan untuk keuntungan bersih dari omzet perbulan tersebut dipotong dengan biaya oprasional maka laba bersihnya Rp 3.2 juta perbulan.

    Mie Goreng Umihantsa
    [​IMG]

    Bisnis waralaba Mie Goreng Umihantsa adalah produsen mie mentah tanpa bahan pengawet serta kimia yang sudah memiliki pengalaman selama 8 tahun dan sudah bersertifikat halal. Umihantsa membuka kesemptan bagi siapapun yang ingin menjadi distributor, reseller, ataupun agen produk mie goreng buatan mereka. Tidak hanya terbuka untuk distributor saja, Umihantsa juga bisa menjadi supplier untuk usaha mie goreng Anda.

    Untuk paket investasi Umihantsa mematok mulai dari Rp 8 juta, adapun fasilitas yang didapatkan oleh mitra adalah freezer, motor bag, produk mie umihantsa, media pemasaran (spanduk, Brosur, Kartu nama dan internet marketing). Sedangkan, mengenai perkiraan profit yang akan didapatkan oleh pengusaha bisa mencapai Rp 6 juta perbulan dengan estimasi penjualan produk sebanyak 800 bungkus mie goreng Umihantsa.

    Galaxy Pertamini
    [​IMG]

    Petamina mini atau pom bensin mini sudah mulai menjamur di Jakarta. Bisnis ini ternyata juga ada waralabanya loh, adalah Galaxy Pertamini pelopor usaha waralaba pom bensin mini berlokasi di Depok, Jawa Barat. Galaxy mini menawarkan 4 paket pom bensin mini, yaitu Fit, Bima, Nova, dan Orion. Perbedaan antara ke empat paket tersebut adalah booth dan juga mesin pom bensinnya. Sementara, untuk biaya yang diperlukan mulai dari Rp 9.7 juta hingga Rp 20 jt. Kini Galaxy Pertamini telah memiliki 200 mitra di beberapa wilayah di Indonesia.

    Daycinno
    [​IMG]

    saat ini minuman kopi sedang menjadi tren anak muda, tidak mengherankan jika banyak usaha waralaba yang menawarkan minuman kopi mulai menjamur. Contohnya sperti Starbucks, JCo dan lainnya adalah usaha franchise premium yang menawarakan produk minuman caffein. Tidak hanya itu saja, juga tersedia tawaran bisnis waralaba lokal yang pula menawarkan produk minuman kopi, seperi Daycinno.

    Diperkenalkan pada tahun 2012, bisnis waralaba yang dimiliki oleh Daycinno Coffe&CO telah merangkul lebih dari 500 mitra di berbagai daerah di Indonesia. Daycinno memberikan biaya investasi yang disesuaikan dengan paket, yaitu paket tanpa booth dengan biaya Rp 5.5 juta, paket booth dengan biaya Rp 9 juta dan paket island dengan biaya Rp 35 juta.

    Daycinno adalah salah satu cabang usaha dari Java Group yang berpengalaman sejak 2006 lalu. Satu hal yang diklaim sebagai inovasi yang berbeda dari waralaba sejenisnya adalah bahwa tiap bulan akan selalu dibuat atau diciptakannya satu rasa baru yang berbeda, dan juga Daycinno memberikan point bagi mitra yang membeli bahan baku. Apa guna point ini? Point reward ini akan diberikan untuk mitra setiap kali membeli bahan baku. Setiap point yang terkumpul dapat ditukar dengan bahan baku dan bahkan bisa ditukar dengan paket outlet usaha baru.

    Martabak Mini Africa ‘Waka-Waka’
    [​IMG]

    Anda pasti sering makan martabak. Jajanan asli masyarakat Indonesia yang banyak menyebutnya terang bulan ini kini telah banyak dikreasikan. Jika dulu hanya ada matrtabak manis, keju dan kacang saja, kini varian rasanya mulai beragam. Ada martabak durian, martabak red valvet, ketan, dan lain sebagainya. Begitupun juga dengan topingnya, serta ukuran martabaknya.

    Martabak Mini Africa “Waka Waka” adalah bisnis waralaba yang menawarkan produk jajanan martabak dengan varian rasa yang banyak. Sesuai dengan namanya, martabak ini berukuran mini dan uniknya lagi topingnya dibuat lebih menarik. Sejak diperkenalkan pada 2011 lalu, usaha waralaba ini sudah berhasil merangkul lebih dari 600 mitra di Indonesia. Franchise Martabak mini Africa ‘Waka Waka’ ditawarkan dengan biaya investasi mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 11 juta, dengan estimasi balik modal selama 1 bulan.
     
  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Pengusaha Sukses

    Wah menarik juga ya martabak mini Waka Waka, kayanya potensial banget
     

Share This Page